Kenapa ya grind size kopi halus lebih mudah dan cepat diekstraksi ketimbang yang kasar?

Dalam banyak literatur yang saya baca dielaborasi bahwa hal ini didasari oleh perbedaan Surface Area atau luas permukaan di antara kedua skala giling tersebut. Ukuran partikel kopi yang halus memiliki Surface Area yang lebih luas ketimbang kopi yang digiling menjadi pastikel kasar. Ikhtiar meningkatkan luas permukaan kopi membuatnya jauh lebih mudah bagi air untuk melarutkan potential solubles.

Ketika kopi digiling menjadi partikel lebih kecil, maka luas permukaan selalu meningkat secara eksponensial. Itu artinya, tantangan air mengekstraksi kopi akan lebih mudah dua kali lipatnya.

Mari pikirkan biji kopi misalnya sebagai kubus. Anggap saja kubus ini lebarnya 1 cm. Ini memiliki 6 sisi, yang masing-masing memiliki luas 1 cm persegi. Jadi, kubus kecil tersebut memiliki 6 cm² luas permukaan.

Makin halus ukuran partikel kopi makin meningkat luas permukaannya sehingga air akan lebih mudah masuk, mengambil dan mengeluarkan solubles di dalam kopi!

Selain skala giling kopi, hal lainnya yang terkait dengan “kopi giling” adalah ukuran rata-rata partikel, distribusi partikel dan bentuk partikel kopi yang juga akan memengaruhi hasil akhir seduhan kopi.

Kuy lah terus belajar di Fulcaff Coffee, Ruko de Arcade B5 Grand Depok City, Kota Depok